Sabtu, 03 April 2010

Membuat Charger USB Sendiri

AYO MARI KITA MEMBUAT CHARGER USB SENDIRI BERSAMA MAS JIMBUS

Mulanya, seperti biasa mas jimbus berpikir memutar-mutar kepala untuk mencari dimana ya supaya bisa mendapatkan kabel USB yang tidak terpakai. Setelah melalui proses Ctrl+F yang cepat, akhirnya mas jimbus menemukan sebuah keyboard yang sedang bersembunyi dalam lemari. Mas jimbus pegang badannya & mas jimbus tarik keluar scra baik-baik, dia sama sekali tidak melawan. Padahal mau disembelih. Coba misalnya ayam, pasti sudah keok-keok suaranya terdengar kemana-mana

Dari begitu banyak pilihan kabel USB, kenapa kok keyboard yang menjadi sasaran utama, sebab itu gan, kabelnya kan tebal & bagus. Lebih kualitas jempol daripada kabelnya mos ataupun kabel USB lainya.


Kira-kira Bukan ini gan keyboardnya

Untuk memastikan bahwa keyboard masih rusak, alias belum diperbaiki, mas jimbus memasangkannya di leptop tetangga sebelah. Ketika mas jimbus menusukkan ke slot USB, ternyata keyboardnya terkenal, Windows saja tahu. Disinilah mas jimbus berpikir bahwa telah terjadi kerancuan paradox dalam diri & harapan mas jimbus, yaitu disatu sisi Berharap & berdoa supaya keyboardnya kena apa tidak ya.
  1. Kalau keyboardnya kena -> hore tidak jadi kehilangan keyboard, tapi jadi sedih karena tidak jadi dapat kabel USB bagus.
  2. dan sebaliknya, Kalau keyboardnya tidak kena -> Hore dapat kabel USB, tapi jadi sedih karena keyboardnya rusak.
Dari sini mas jimbus mendapatkan petuah hidup baru. yaitu, pada kondisi apapun kejadian dalam kehidupan ini, ternyata masih tetap bisa diambil sisi positifnya, darimana saja kita memberdirikan point of view.


Kehidupan itu indah & damai

Ternyata apa yang terjadi gan, keyboard berhasil dideteksi oleh windows, tapi apa mau berkata, keyboardnya gila. Apapun tombol yang diketik, munculnya adalah tulisan jkl;. Padahal tetangga sebelah yang mas jimbus pinjam komputernya itu sedang ngetik. sehingga Documentnya pun jadi penuh dengan .

Spoiler for klik spoiler:




BTW, Apabila keyboard seperti ini dipakai terus-terusan, maka lama-lama bisa membuat orang yang makainya menjadi jkl jg, bhkan jlk. Olh krn itu, ms jmbs mmtuskn untk mmtong sj kybrd ini biarkn hdpny brkhr smpai dsni, spy orgn tbhnya yng lain bs brgna bg phk lain

So, guys, mri kt mlai sj skrg ya gan. Adh apa ini, kok tlsnny jd kesngkt-sngkt.



Inilah akibatnya apabila keyboard terus-terusan ;jkl; ria

Spoiler for warning:


sebelum memulai, seperti biasa mas jimbus mengecek dulu tulisan di cas2an.
Trips and tick ini hanya berlaku apabila tulisan di cas2an anda adalah "output DC 5V", atau yang tidak terlalu jauh dengan itu


yang perlu kita & kami siapkan adalah simak gambar dibawah ini gan


bahan-bahan, ada gunting, selotip, charger, kabel usb,
dan jangan lupa, meja

Untuk apa ini semua, mula-mula mari kita kupas kabel USBnya supaya kelihatan isinya seperti pada gambar. Ternyata seperti ini gan didalamnya, ada beberapa kabel mari dihitung. 1-2-3-4-5, ada lima, persis seperti jumlah balon yang anda miliki.



mengupas lebih mudah daripada membungkus

Kalau sudah, selanjutnya ada 2 pilihan gan. Yaitu sebagian kabelnya disunat, dan sebagian lagi dikebiri, awas jangan salah dalam mengebiri, sebab akan menyebabkan masa depan menjadi suram karena anda harus kehilangan waktu lagi untuk mengupas kabel sebagaimana step sebelumnya di atas.

Spoiler for panduan menyunat & mengebiri:

yang dikebiri adalah kabel yang data gan, warnanya yaitu: PUTIH, KUNING, IJO, ABU-ABU (coba dibaca berdasarkan warna huruf, jangan dibaca tulisannya. biar kayak test mata)
sedangkan selain yang diatas, cukup disunat saja gan




Jangan segan2 dalam mengebiri habis, biarkan saja takdirnya memang begitu
cuma kalau menyunat hati2 biar tidak ikutan putus

APAKAH SUDAH SELESAI STEPNYA? jangan terlalu terburu-buru senang dulu gan, masih ada langkah berikutnya. yaitu coba dilihat gambar ini.

Spoiler for sekarang gantian chargernya:



NASIBNYA SAMA DENGAN KEYBOARD
Tapi Kalau ini gampang, cuma ada dua isinya.
jadi tidak akan salah kecuali anda memang bersengaja.

Untungnya gan, ini tidak terjadi di film. Sebab kalau di film, maka proses pemotongan & pengupasan ini akan lama, menunggu waktunya mendekati 00:00 dulu baru sang pemeran utama berani memotong kabel yang biru atau yang merah, biar bomnya tidak BUM.
 
 
selanjutnya adalah mudah sekali gan, yaitu DIKAWlNKAN antara kabel yang sewarna seperti bisa dilihat pada gambar dibawah ini gan. Apakah anda bisa melihatnya dengan jelas


Mudah sekali dilakukan, buktinya adalah anda bisa

Spoiler for panduan kabel mana yang di-kimpoi-kan:

daripada nulis KAWlN jadi KIMPOI, mending mas jimbus tulis saja sekalian K.I.M.P.O.I

yaitu yang kabel + digabung dengan +, dan yang - digabung dengan yang -

yang + adalah berwarna : RED, ORANGE
yang - adalah berwarna : BLACK, BLUE, BROWN

jadi ingat sebaliknya nih, + kena - dan yang - kena +
yaitu di TEOREMA +- mas jimbus

BTW SEBENARNYA BUKAN - SIH GAN NAMA KABELNYA, TAPI KABEL GROUND

menyambung seperti ini membutuhkan keberanian dan ketelitian yang biasa-biasa saja gan, cuma harus hati-hati jangan sampai konslet akibat salah sambung. Soalnya nanti akan menyebabkan kabel yang sedang anda pegang tiba-tiba keluar asap & komputer malang yang sedang dicolok USBnya menjadi mati. Jangan sampai untuk menghemat 25.000 justru malah kehilangan uang lebih banyak lagi, yaitu sejumlah harga leptop atau PC anda dibagi 25.000.


jangan khawatir gan, tidak sampai kayak gini kok
bila anda beruntung

Setelah tersambung, silahkan diperban memakai selotip yang tadi disebutkan di postingan sebelumnya gan. Dan setelah itu selanjutnya adalah:

Spoiler for klik spoiler untuk menyimak langkah next:



SUDAH JADI DEH, GAMPANG SEKALI KAN GAN

Cuma begitu saja kok,
silahkan anda bernafas sebentar untuk beristirahat sebelum kita mulai mencobanya.


Dengan hati yang tidak sabar & terburu-buru, mas jimbus langsung mencoba carjer baru ini. Apakah berhasil gan

Spoiler for testing:





ALHAMDULILLAH HORE HORE HORE BISA NGECAS, SELAMAT SELAMAT GAN

KALAU BEGITU TRID SUDAH SELESAI SAMPAI DISINI, SILAHKAN LONCAT KE TRID SESUDAHNYA UNTUK MENYIMAK FAQ & SIGNATURE KHAS MAS JIMBUS. TAPI BILA ANDA TERNYATA MENJUMPAI KESALAHAN DALAM KEHIDUPAN ANDA, MAKA TIDAK ADA SALAHNYA BILA ANDA TERUS MENYIMAK TRID INI UNTUK BERLATIH TROUBLESHOOTING


Spoiler for panduan troubleshooting:

2 komentar:

SYAIKHU - AKRAMUDDIN mengatakan...

informasi warna yang mas aksih membingungkan
seperti di kalimat ini :
yang dikebiri adalah kabel yang data gan, warnanya yaitu: PUTIH, KUNING, IJO, ABU-ABU (coba dibaca berdasarkan warna huruf, jangan dibaca tulisannya. biar kayak test mata)
sedangkan selain yang diatas, cukup disunat saja gan.
Berarti yang tertinggal cuman satu kabel juga kalau empat kabel tersebut di potong

Rico the Recordman mengatakan...

kabel ground usb disambungin kemana tuh gan?

Posting Komentar